Thursday, December 10, 2015

kandungan dan manfaat kunyit untuk kesehatan

manfaat kunyit untuk kesehatan

Tanaman kunyit dalam bahasa latin disebut Curcuma domestica atau Curcuma longa, sedangkan dalam bahasa inggris disebut turmeric, merupakan tanaman rempah yang sangat populer di Indonesia. Tanaman ini telah banyak dimanfaatkan secara luas. Selain digunakan sebagai bumbu penyedap makanan, manfaat lain dari kunyit ialah sebagai jamu-jamuan dan obat herbal yang berguna untuk menjaga kesehatan dan merawat kecantikan.

Masyarakat Indonesia telah lama menggunakan kunyit sebagai ramuan obat tradisional misalnya untuk radang, mencret, sakit perut, sakit kuning, gastritis, ulkus lambung. Selain itu para putra-putri keraton yang memiliki kulit cerah dan mulus kerap menggunakan perawatan tradisional yang berbahan dasar kunyit.

Manfaat Kunyit untuk kesehatan


Dari hasil penelitian ekstrak kunyit menunjukkan efek anti inflamasi, antibakteri, antioksidan, antiulkus, dan gastoprotektif.

Kandungan kimia kunyit terdiri atas karbohidrat (69,4%), protein (6,3%), lemak (5,1%), mineral (3,5%), dan moisture (13,1%). Minyak esensial (5,8%) dihasilkan dengan destilasi uap dari rimpang yaitu a-phellandrene (1%), sabinene (0.6%), cineol (1%), borneol (0.5%), zingiberene (25%) and sesquiterpines (53%). Kurkumin (diferuloylmethane) (3–4%) merupakan komponen aktif dari kunyit yang berperan untuk warna kuning, dan terdiri dari kurkumin I (94%), kurkumin II (6%) and kurkumin III (0.3%).

Bagian terpenting dari kunyit adalah bagian rimpangnya, rimpang kunyit mengandung senyawa kurkumin yang bersifat non toksik pada dosis yang tinggi. Dari hasi penelitian menggunakan tikus wistar, guinea pig, dan monyet baik jantan dan betina yang diberi makan dengan kunyit pada dosis yang lebih tinggi (2.5 g/kg berat badan) dari jumlah yang dikonsumsi normal oleh manusia, setelah diobservasi, tidak ada perubahan penampilan dan berat dari ginjal, liver dan jantung, serta tidak ada abnormalitas patologi atau tingkah laku yang diumumkan dan tidak ada mortalitas (kematian). Dosis kunyit untuk manusia antara 300-500mg, 3 kali per hari bersama makanan.

Resep obat tradisional menggunakan kunyit


Luka dan kurap :
Rimpang kunyit 1 jari; Daun asam 1 genggam; Air sedikit, Dipipis, Tempelkan pada luka dan diganti setiap 3 jam.

Mencret :
Rimpang kunyit 1/2 jari; Rasuk angin 1/2 sendok teh; Ketumbar 3 biji; Buah kayu ules 1 biji; daun trawas 1 helai, Campuran ditumbuk; ditambah air 115 ml dan dididihkan; kemudian disaring, Diminum pagi dan sore; tiap kali minum 100 ml.

Nyeri haid :
Rimpang kunyit 1 jari; Ketumbar 7 butir; Cengkih 1 butir; Asam kawak; Biji pala, Campuran ditumbuk; ditambah air 110 ml; dan dididihkan; kemudian disaring, Diminum1 kali sehari 100 ml.

Sakit perut :
Kunyit dibakar 1 jari; Kulit batang pulosari 1 jari; Ketumbar 7 biji; Seluruh tanaman patikan cina 1 genggam; Air 1 cangkir, Campuran ditumbuk; ditambah air dan dididihkan sampai diperoleh secangkir; disaring, Bayi umur 5-7 bulan; 1 sendok teh/jam; Anak umur 1-2 tahun; diminum 2 kali sehari; 2 sendok makan; Dewasa; sehari minum 3 kali; 1/2 cangkir.

0 comments

Post a Comment