Tuesday, December 8, 2015

dari hasil penelitian, ini manfaat cengkeh yang perlu anda tahu

manfaat cengkeh

Cengkeh (Syzygium Aromaticum) termasuk dalam famili Myrtaceae dan merupakan salah satu tanaman rempah asli Indonesia yang berasal dari Kepulauan Maluku. sejak lama cengkeh digunakan dalam industri rokok kretek, makanan, minuman dan obat–obatan.

Orang Portugis membawa banyak cengkih yang mereka peroleh dari kepulauan Maluku ke Eropa. Pada saat itu harga 1 kg cengkih sama dengan harga 7 gram emas. Pada akhir abad ke-15, orang Portugis mengambil alih perdagangan cengkih dengan perjanjian Tordesillas dengan Spanyol, selain itu juga dengan perjanjian dengan sultanTernate. Sebab cengkih disana dijadikan salah satu bahan makanan yang sangat berkhasiat bagi warga dan sekitarnya yang mengonsumsi tanaman cengkih tersebut. Sampai sekarang cengkih menjadi salah satu bahan yang diekspor ke luar negeri.

Cengkeh adalah salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi karena adanya kandungan eugenol yang cukup tinggi. Senyawa eugenol merupakan komponen utama yang terkandung dalam minyak cengkeh (Syzygium aromaticum), dengan kandungan dapat mencapai 70-96%, dan walaupun minyak cengkeh mengandung beberapa komponen lain seperti eugenol asetat dan β-caryophyllene tetapi yang paling penting adalah senyawa eugenol, sehingga kualitas minyak cengkeh ditentukan oleh kandungan senyawa tersebut, semakin tinggi kandungan eugenolnya maka semakin baik kualitasnya dan semakin tinggi nilai jualnya. Eugenol (C10H12O2), merupakan turunan guaiakol yang mendapat tambahan rantai alkil, dikenal dengan nama IUPAC 2-metoksi-4-(2-propenil) fenol.

Manfaat Cengkeh


Senyawa eugenol mempunyai aktivitas farmakologi sebagai analgesik, antiinflamasi, antimikroba, antiviral, antifungal, antiseptik, antispamosdik, antiemetik, stimulan, anastetik lokal sehingga senyawa ini banyak dimanfaatkan dalam industri farmasi.

Tim peneliti, Miguel Hernández University di Spanyol, mengidentifikasi bahwa: Cengkeh (Syzygium aromaticum) merupakan rempah dengan zat antioksidan terbaik. Hal itu disebabkan karena cengkeh mengandung senyawa phenolic yang tinggi.

Dan menurut seorang ahli, Fernández-López mengatakan bahwa: Dari pengujian lima sifat antioksidan, cengkeh memiliki kemampuan tertinggi untuk menghilangkan hidrogen, mengurangi peroksidasi lipid dan merupakan peredam zat besi terbaik.

Dalam bidang densitry (ilmu kedokteran gigi) senyawa eugenol dalam bentuk campurannya dengan zinc oxide terutama berlaku sebagai cementing agent. senyawa eugenol secara biologis merupakan bagian yang paling aktif dari semen zinc oxide eugenol, dimana kemampuan eugenol dalam memblok transmisi impuls syaraf sangat bermanfaat dalam mengurangi rasa nyeri pada pulpitis (peradangan yang terjadi di pulpa, yakni bagian gigi paling dalam yang terdapat saraf dan pembuluh darah).

US Environmental Protection Agency (Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat), mengemukakan bahwa senyawa eugenol dapat menurunkan panas demam ketika diberikan secara intravena pada kelinci percobaan, dimana kemampuan penurun demamnya lebih efektif daripada acetaminophen, senyawa yang biasa dipergunakan untuk penurun demam.

Dalam penelitian in vitro mendapatkan bahwa eugenol sebagai antioksidan mempunyai potensi yang baik dalam pengobatan penyakit parkinson maupun penyakit cardiac hyperthripy (sejenis penyakit jantung). Selain itu eugenol juga memiliki efek penghambatan terhadap perkembangan jamur Candida albicans penyebab penyakit candidiasis. Infeksi candidiasis sering menyerang kulit, membrane mukosa mulut, saluran pernapasan dan vagina.

0 comments

Post a Comment