Friday, November 27, 2015

Ini bukti ilmiah, Khasiat daun sirsak sebagai obat kanker

Khasiat daun sirsak sebagai obat kanker

Khasiat daun sirsak ternyata 10.000 kali lebih kuat kandungan dan kemampuannya dari kemoterapi dalam mengobati kanker. Ini berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan, pada masyarakat kuno daun sirsak sudah diketahui manfaatnya dan banyak diguinakan untuk mengobati penyakit.

Tanaman sirsak merupakan salah satu jenis tanaman buah yang banyak tumbuh di Pekarangan rumah dan di ladang-ladang sampai ketinggian tempat kirakira 1000 m dari permukaan laut. Namun banyak masyarakat yang belum tahu tentang manfaat dan kegunaan daun sirsak untuk kesehatan. Daun sirsak dapat memerangi kanker secara langsung dan juga baik digunakan sebagai gabunagn (sinergi) ramuan herbal.

Kandungan Kimia Daun Sirsak


Daun sirsak mengandung alkaloid, tanin, dan beberapa kandungan kimia lainnya termasuk Annonaceous acetogenins. Acetogenins merupakan senyawa yang memiliki potensi sitotoksik. Senyawa sitotoksik adalah senyawa yang dapat bersifat toksik untuk menghambat dan menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Acetogenins merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik (mampu merusak sel) di dalam tubuh dengan cara menghambat transpor Adenosine Trifosfat (ATP) yang dimanfaatkan oleh selsel kanker dalam tubuh. Namun keberadaan ATP sendiri merupakan sumber energi di dalam tubuh.Namun keberadaan ATP dimanfaatkan oleh sel-sel kanker untuk memperbanyak diri secara tak terkendali sehingga merugikan sel-sel normal lainnya karena tidak mendapatkan jatah energi.

Jika kondisi ini berlangsung terus menerus keberadaan sel-sel normal akan tergusur oleh sel-sel kanker yang kian merajalela. Setidaknya perlu 2-5 jam bagi sel kanker untuk membelah diri sedangkan sel normal perlu waktu paling tidak 7-14 hari.Dari sinilah tampak bahwa kecepatan pembelahan sel kanker pastilah memerlukan energi yang cukup besar.Peran Acetogenin yang menghambat transpor ATP ke sel-sel kanker mengakibatkan terhambatnya pula pembelahan sel-sel kanker bahkan dapat menyebabkan matinya sel-sel kanker.Aktivitas sitotoksik dari acetogenin dapat berperan ganda, yaitu sebagai toksin atau racun bagi kanker sekaligus sebagai obat bagi penderita kanker karena menghambat dan menghentikan pertumbuhan sel kanker dan sel tumor yang ada di dalam tubuh.

Sebanyak 82 senyawa turunan acetogenin terdapat di dalam tanaman sirsak dari total 350 yang ditemukan pada keluarga annonaceae.Sebenarnya senyawa acetogenin bukanlah hal yang baru di dunia kedokteran. Tepatnya sejak 1940, sifat-sifat dari senyawa acetogenin sudah mulai dipelajari dan telah digunakan di berbagai penelitian ilmiah. Bahkan karena kedahsyatannya, berbagai penelitian ini muncul di berbagai jurnal internasional. Tercatat bahwa universitas purdue di West Lafayette,Indiana,Amerika Serikat melakukan penelitian pertama mengenai sifat sitotoksik acetogenin. Kemudian, disusul dengan beberapa penelitian lain di berbagai negara dalam naungan Lembaga Institusi Kanker Nasional yang membuktikan khasiat dari kandungan acetogenins.

Dari hasil penelitian tersebut (ditambah dengan 20 hasil uji laboratorium) diperoleh bahwa daun dan batang annona muricata L. Memiliki sitotoksitas terhadap sel kanker.fakta mengejutkan berikutnya menyatakan bahwa tidak hanya Annonceus muricata L (nama ilmiah Sirsak). Saja yang memiliki sitotoksitas,melainkan seluruh keluarga tanaman Annocaceae juga memilikinya. Kandungan zat sitotoksik sangat bermanfaat untuk membasmi penyakit ganas seperti kanker dan tumor serta penyakit lain yang diakibatkan oleh racun (toksik).

Khasiat daun sirsak telah diteliti juga baru-baru ini dalam sebuah studi, bahwa daun sirsak sangat efektif untuk kanker prostat, pankreas dan paru-paru. Hasil penelitian ini ternyata sudah disimpan selama bertahun-tahun sejak zaman dulu, tapi banyak orang yang tidak mengetahuinya, entah karena faktor apa. Bahkan berdasarkan 20 tes laboratorium tentang manfaat daun sirsak yang dilakukan sejak tahun 1970 menunjukkan hasil yang luar biasa, daun sirsak memiliki khasiat yang sangat baik, sperti:
  1. Menyerang sel-sel kanker secara efektif karena tidak membahayakan sel yang sehat, serta tidak menyebabkan rasa mual ekstrim, kehilangan berat badan dan rambut rontok.
  2. Daun sirsak memiliki target yang efektif dan bisa membunuh sel-sel ganas bagi 12 jenis kanker, termasuk kanker usus besar, payudara, prostat, paru-paru dan kanker pankreas.
  3. Mampu meningkatkan energi di dalam tubuh.
  4. Menambah stamina dan fitness.
  5. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi yang mematikan.
  6. Mampu mencegah radikal bebas, dan masih banyak lagi khasiat daun sirsak lainnya.

0 comments

Post a Comment